TUGAS_PELUANG USAHA BARANG/PRODUK DAN JASA
KELOMPOK 1 :
- Aulia Salsabila
- Chika Syifa Naila Rachman
- Marcella Nindiyani
- Novi Lutfiana
- Rima Dwi Safitri
- Rosdiana
- Selfira Tri Handayani
Cara Mark Zuckerberg Mendirikan Bisnis Facebook-nya
Mark awalnya memiliki ide untuk membuat buku direktori untuk mahasiswa Harvard secara online karena pihak universitas tidak membagikan face book atau buku daftar mahasiswa yang juga memuat identitas serta foto mahasiswa di kampus tersebut.
Dari sinilah proyek pertama yang bernama CourseMatch muncul. CourseMatch sendiri hanya diperuntukkan teman-teman sekelasnya yang mengambil mata kuliah yang sama untuk saling mengenal serta berkomunikasi dengan yang lain.
Kemudian, dia mencoba untuk membuat Facemash. Facemash pun mendapat sambutan yang lebih bagus di kalangan mahasiswa. Namun ditahun kedua Mark, demi Facemash, ia meretas data mahasiswi Harvard yang kemudian data mereka dimasukkan ke website Facemash. Akibat dari perbuatannya, Mark disidang pihak kampus karena dianggap telah mencuri data mahasiswi yang lain.
Berangkat dari kegagalan CourseMatch dan Facemash, Mark menyadari bahwa banyak orang yang membutuhkan website atau jaringan sosial yang bisa menghubungkan mereka dengan yang lain.
Dengan menggunakan kode-kode CourseMatch dan Facemash, Mark akhirnya berhasil membuat Facebook. Saat itu, website Facebook, www.thefacebook.com diluncurkan dari kamar asramanya di Harvard pada bulan Februari 2004 bersama beberapa temannya yakni Chris Hughes, Eduardo Saverin dan Dustin Moskovitz.
Facebook memang bentuk penyempurnaan dari Facemash. Mark dan rekannya mulai sibuk dengan pengembangan Facebook yang mendapat respon positif. Mereka pun memiliki pilihan antara melanjutkan kuliah atau mengembangan bisnis ini dan meninggalkan kuliah.
Dengan sikap positifnya, Mark dan temannya lebih memilih untuk mengembangkan Facebook daripada melanjutkan kuliah karena Facebook bisa menjadi tabungan investasi.
Produk/Jasa yang dibuat Oleh Mark Zuckerberg
Jenis produk atau jasa yang sudah dibuat oleh Mark adalah aplikasi sosial media yaitu Facebook. Walau begitu, sampai sekarang Facebook masih memiliki pengguna di seluruh dunia. Bahkan, Mark memperluas bisnis produk/jasanya dengan mengakusisi aplikasi Whatsapp dan Instagram.
Serta Kiat Sukses Dalam Menjalankan Bisnisnya
1. Buat Produk Yang Bermanfaat Untuk Banyak Orang
Dari awal berdirinya, Facebook memang dibuat untuk semua orang agar bisa merasakan manfaatnya. Tidak hanya untuk menemukan teman baru tapi juga menghubungkan dengan teman lama atau orang-orang yang special di masa lalu bahkan tidak jarang menemukan orang terkasih untuk masa depannya.
Mark sendiri berkomitmen untuk tetap membuat Facebook bermanfaat bagi semua orang. Memulai Dari Yang Kecil dan Mudah Untuk Dilakukan.
Hal yang sama berlaku juga dalam dunia bisnis. Mark sudah mencontohkannya, sebelum ia mendirikan Facebook, Mark menciptakan sebuah situs yang dikenal CourseMatch. Aplikasi ini bisa digunakan oleh mahasiwa untuk mendapatkan teman baru berdasarkan kelas (course) yang ia ambil.
Setelah itu, ada Facemash yang menampilkan 2 orang berbeda untuk bisa dibandingkan. Namun, Mark mendapatkan data mahasiswa yang dibandingkan secara illegal sehingga Harvard melarangnya.
Dari CourseMatch dan Facemash, kemudian ia menarik kesimpulan bahwa produk seperti ini diminati banyak orang. Kode-kode dari keduanya ditambah beberapa fitur, lahirlah Facebook.
2. Terbuka Untuk Perubahan Tapi Tidak Melupakan Tujuan Awal
Sikap fleksibel menjadi salah satu kunci kesuksesan Mark Zuckerberg dalam mengembangkan Facebook hingga seperti sekarang. Meski fokus pada tujuan awal untuk menghubungkan banyak orang dengan lebih mudah, Facebook juga dikembangkan dari segi bisnis.
3. Tetap Fokus Walau Berhadapan Dengan Rintangan
Rintangan terkadang menghambat langkah kita. Mark Zuckerberg sendiri menemukan banyak rintangan tapi ia tetap fokus dan terus menciptakan sesuatu.
Tetap lah fokus dan terus mencipta. Ia mengatakan tetaplah fokus dan teruslah berlayar. Ketika kita berhadapan dengan rintangan dan tidak fokus, maka yang terjadi kita akan kehilangan kesempatan, waktu dan juga seluruh jerih payah yang sudah dilakukan. Fokus membantu kita untuk tetap melakukan apa yang sudah direncanakan walau ada rintangan.
4. Bergerak Cepat Serta Hilangkan Semua Rasa Takut
Mark Zuckerberg bergerak cepat untuk menangkap semua peluang. Dan Mark Zuckerberg tidak berhenti berkarya dan terus berjuang untuk memperbaikinya. Hal ini memungkinkannya menangkap lebih banyak peluang yang bisa membuat Facebook menjadi lebih baik lagi. Perbaikan-perbaikan yang konsisten dan cepat pada akhirnya bisa membuat aplikasi tersebut dikenal masyarakat dunia.
Komentar
Posting Komentar